Benarkah Ikan Cupang Menggigit Ikannya Sendiri

Benarkah Ikan Cupang Menggigit Ikannya Sendiri – Saat menyaksikan ekor ikan cupang kesayangan robek atau tak ulang utuh, pasti kita dapat panik. Dalam banyak kasus, ikan cupang menggigit ekornya sendiri. Lantas kenapa mereka melakukannya dan bagaimana mencegahnya? Semua style cupang dapat menggigit ekornya. Namun, hal ini kerap terjadi pada ikan cupang yang mempunyai ekor panjang.

Benarkah Ikan Cupang Menggigit Ikannya Sendiri

benarkah-ikan-cupang-menggigit-ikannya-sendiri

Penyebab cupang menggigit ekornya Tak ada alasan konkret kenapa cupang menggigit ekornya sendiri. Tidak ada yang mengerti pasti, tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan cupang menggigit ekornya, antara lain: 1. Stres Beberapa orang berpendapat, stres dapat menyebabkan cupang menggigit ekornya. Aktivitas layaknya mengganti akuarium, situasi air yang buruk, sampai kawan akuarium yang agresif dapat menyebabkan cupang stres.

Anda termasuk kudu mengerti bahwa saat cupang stres, dia tidak hanya dapat menggigit ekornya. Jika cupang Anda terus menerus stres atau menggigit ekornya, maka proses kekebalannya dapat melemah, dan membuatnya lebih gampang di serang penyakit. Untuk menanganinya, Anda kudu mulai mengubah beraneka hal pada akuarium agar cupang senang dan nyaman.

2. Memendam agresi Alasan lain cupang menggigit ekornya barangkali sebab mereka memendam banyak agresi dan tidak dapat melepaskannya. Jelas, cupang pada dasarnya agresif tetapi beberapa di antaranya lebih agresif daripada yang lain. Jika mereka tidak mempunyai kesempatan untuk melenturkan otot atau menghilangkan beberapa dari agresi yang terpendam, mereka dapat saja melampiaskannya sendiri bersama menggigit ekor.

3. Bosan Jika akuarium kosong atau amat kecil, ikan cupang barangkali mulai bosan. Jika cupang jenuh dalam periode lumayan lama, ada potensi untuk melukai diri sendiri sebab frustrasi. Jika akuarium cupang di tempat tinggal keluar tandus atau ukurannya amat kecil, kebosanan dapat menyebabkannya melukai dirinya sendiri. 4. Punya ekor panjang Memiliki sirip dan ekor yang panjang menyebabkan ikan cupang lebih lambat dalam berenang. Hal ini dapat membuatnya frustasi, terutama jikalau ia mulai tidak bergerak lumayan cepat. Sayangnya, tidak banyak yang dapat dijalankan berkenaan hal ini. 5. Faktor keturunan Terakhir, terkadang menggigit ekor adalah rutinitas turun-temurun. Sudah jadi kepercayaan umum bahwa beberapa cupang secara alami lebih condong menggigit siripnya sendiri daripada yang lain. Sekali ulang jikalau ini masalahnya, tidak banyak yang dapat Anda jalankan untuk menghentikannya.

Gejala Satu-satunya gejala yang dapat Anda menyaksikan saat cupang menggigit ekornya adalah ekor jadi robek. Namun, jikalau Anda menyaksikan lebih dekat Anda dapat dapat membedakan ekor robek sebab digigit dan penyebab lainnya. 1. Kehilangan ekor dalam saat singkat Saat cupang Anda mulai menggigit ekor, Anda tidak jarang menyaksikan ia kehilangan banyak ekornya dalam saat singkat. Penyebab lain layaknya sirip busuk misalnya, ini memakan saat berminggu-minggu dan kerusakan hanya terjadi sesekali. Tetapi disaat cupang Anda menggigit ekornya, Anda barangkali menyaksikan beberapa besar ekornya menghilang dalam semalam.

2. Potongan ekor hilang Jika ekornya sengaja digigit, maka dapat ada bongkahan ekor yang hilang, bukan kerusakan yang lebih seragam. Potongannya lebih condong bulat dan jikalau Anda menyaksikan lebih dekat mereka dapat keluar layaknya gigitan. 3. Tepi ekor keluar lebih bersih Saat ikan cupang Anda menderita sirip busuk, ujung-ujungnya dapat keluar lusuh dan layaknya ekornya yang perlahan lepas. Namun, saat dia menggigit ekornya sendiri, mereka dapat keluar bersih dan tidak lusuh. 4. Anda menyaksikan cupang menggigit ekornya Jika Anda amat menyaksikan ikan cupang menggigit ekor dan merobek bagian-bagiannya, Anda kudu menghambat dan menyembuhkan gigitan ekornya secepat mungkin. Cara menghambat cupang menggigit ekornya Pencegahan adalah hal terbaik yang dapat Anda jalankan agar cupang tidak menggigit ekornya. Saat Anda mengerti ikan cupang dapat menggigit ekor, ada beberapa hal yang kudu Anda lakukan.

1. Tambahkan daun almond India Daun almond India dikenal dapat mengurangi stres pada ikan dan cupang termasuk dapat menyukainya. Daun ini termasuk jalankan dua hal yang dapat menunjang mengurangi stres yang dapat menyebabkan cupang menggigit ekor. Pertama, mereka membiarkan antioksidan ke dalam air yang merupakan pereda stres alami. Kedua, mereka termasuk mengubah air jadi blackwater. Blackwater menyerupai lingkungan alami area tinggal ikan cupang, jadi ini termasuk dapat menunjang meredakan tingkat stresnya. Bagaimanapun, tangki akuarium yang lebih “suram” dapat menyebabkan cupang Anda mulai jauh lebih aman. Itu memberinya lebih banyak bantuan dari pemangsa yang dibayangkan dan dia dapat mulai mempunyai lebih banyak area untuk bersembunyi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *