5-hewan-yang-mendapat-sebutan-ular-termasuk-lalat-dan-burung

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Ular, Termasuk Lalat dan Burung

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Ular, Termasuk Lalat dan Burung – Ada begitu banyak type hewan di dunia ini. Saking banyaknya, pertolongan nama kepada hewan pun jadi cukup sulit dilakukan. Akibatnya, beberapa tidak punyai nama khusus. Mereka pun hanya diberikan nama berdasarkan nama hewan lain yang karakteristiknya mirip bersama dengan mereka.

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Ular, Termasuk Lalat dan Burung

5-hewan-yang-mendapat-sebutan-ular-termasuk-lalat-dan-burung

inredcoatragsattired – Contohnya adalah lima hewan berikut ini, yang hanya meraih sebutan ‘ular’ di dalam nama mereka dikarenakan ciri khas mereka yang terjalin bersama dengan ular. Hewan apa saja itu dan kenapa mereka mendapat sebutan ular? Ini dia ulasannya.

1. Belut ular

Yang pertama adalah belut ular. Secara penampilan, belut dan ular sesungguhnya terlalu mirip. Tapi uniknya, hewan ini sesungguhnya bukan spesies belut. Mereka adalah sejenis ikan laut yang tergabung di dalam famili Ophichthidae. Dilansir Britannica, belut ular terdiri dari kira-kira 200 spesies.

Penampilan belut ular justru lebih mirip ular daripada belut, terlebih dikarenakan ekor mereka yang lancip, tidak pipih seperti beberapa spesies belut. Ukuran hewan ini dapat cukup panjang, seumpama belut ular tutul (Ophichthus ophis) yang dapat meraih ukuran 1,2 meter. Belut ular punyai persebaran di seluas dunia, terlebih di perairan tropis.

2. Ikan snakehead

Hewan yang satu ini terhitung adalah sejenis ikan. Mereka disebut snakehead di dalam bahasa Inggris, dengan sebutan lain ikan kepala ular. Secara penampilan, mereka sesungguhnya cukup mirip ular, terlebih dikarenakan corak tubuhnya yang seringkali mirip corak tubuh ular.

Menurut Britannica, ikan dari famili Channidae ini berasal dari Asia dan Afrika. Ada kira-kira 29 spesies ikan snakehead, dan mereka semua merupakan karnivor. Keunikan lain dari ikan ini adalah mereka dapat menghirup oksigen segera dari udara, dan bahkan mereka dapat bertahan hidup cukup lama di luar air.

3. Bintang ular

Hewan laut lain yang mendapat sebutan ular adalah bintang ular. Mereka adalah hewan Echinodermata yang tetap berkerabat dekat bersama dengan bintang laut. Tergabung di dalam subkelas Ophiuroidea, bintang ular terdiri dari lebih dari 2.000 spesies, seutuhnya punyai ciri khas bersifat tentakel panjang dan tipis seperti tubuh ular.

Seperti bintang laut, umumnya spesies bintang ular adalah pemakan plankton, bangkai, dan kadang waktu dapat memangsa hewan yang cukup besar seperti ikan. Beberapa spesies bintang ular berukuran cukup besar dan tangannya dapat meraih panjang 1 meter. Bintang ular tersebar di semua dunia, dan beberapa hidup di kedalaman laut yang luar biasa.

4. Lalat ular
Bahkan serangga pun tersedia yang mendapat sebutan ular, yaitu lalat ular. Serangga ini tergabung di dalam Raphidiodea dan terdiri dari kira-kira 175 spesies, seperti dilansir Britannica. Seperti keluar di gambar, lalat ular meraih namanya dikarenakan bentuk kepala dan lehernya yang panjang seperti ular.

Namun sesungguhnya anggota yang mirip ‘leher’ berikut adalah toraks mereka yang memanjang. Lalat ular terkandung di semua benua jika Australia. Merupakan karnivor, lalat ular kerap diakui menguntungkan manusia dikarenakan mereka memangsa larva dan pupa serangga hama.

5. Burung ular

Terakhir tersedia burung ular, yaitu sebutan umum bagi burung dari famli Anhingidae, yang biasa disebut terhitung burung anhinga. Alasan mereka disebut burung ular adalah langkah mereka berburu. Anhinga merupakan burung pemakan ikan. Mereka berburu sambil berenang, bersama dengan hanya leher dan kepalanya yang terlihat di permukaan air.

Cara berburu berikut menyebabkan burung ini terlihat seperti ular yang berenang di permukaan air dan siap menyergap mangsanya. Anhinga punyai ukuran yang cukup besar, bersama dengan panjang meraih 90 cm. Mereka dapat ditemuakan di kawasan tropis dan temperate di semua dunia jika Eropa.

Itulah lima type hewan yang mendapat sebutan ular dikarenakan karakteristik mereka yang sesungguhnya mirip bersama dengan ular. Kalau menurutmu, yang mana yang paling pantas disebut ular?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *