Mengapa kelelawar tidur terbalik?

Mengapa kelelawar tidur terbalik? – Memang agak sukar menemukan kelelawar terhadap sementara matahari bersinar, gara-gara mereka sebenarnya termasuk binatang nokturnal, dengan sebutan lain jenis binatang yang beraktifitas terhadap malam hari.

Mengapa kelelawar tidur terbalik?

mengapa-kelelawar-tidur-terbalik

Tapi ini jadi menarik, gara-gara disaat kita berhasil menemukan kelelawar terhadap siang hari, mereka tengah didalam suasana tidur. Dan cobalah tebak, bagaimana posisi kelelawar sementara tengah tidur?

Ya, benar. Kelelawar tidur didalam posisi terbalik, kaki di atas dan kepala tergantung di bawah. Mengapa mereka jalankan itu?

Jawabannya tersedia dua.

Pertama hal tersebut berkaitan dengan langkah mereka terbang. Kelelawar lebih enteng terbang dengan langkah menjatuhkan diri dari tempat tinggi sesudah itu melayang. Bukan seperti terhadap biasanya burung yang memulai terbang dari bawah atau melompat.

Hal tersebut dilakukan untuk menghemat energi. Bayangkan betapa banyaknya tenaga yang dibutuhkan kelelawar untuk melompat sementara harus menjadi terbang. Dibandingkan dengan hal tersebut, menjatuhkan diri dari ketinggian jauh lebih irit tenaga.

Penyebab kedua adalah gara-gara dengan tidur di tempat yang tinggi didalam posisi tergantung, kelelawar bakal terhindar dari banyak predator. Tentu tidak tersedia yang berkenan diganggu atau bahkan disantap oleh ular atau serigala sementara enak-enak tidur, bukan?

Nah tak hanya kedua penyebab di atas, bisakah kalian menemukan penyebab lainnya?
Info Tambahan

Di dunia ini sudah tersedia lebih dari seribu jenis kelelawar yang diteliti oleh manusia. Yang paling kecil bernama kelelawar bumble-bee atau hog-nosed dari Thailand. Saking kecilnya, kelelawar bumble-bee ini dikenal sebagai mamalia yang paling kecil di wajah bumi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *